Bisnis Franchise – Untung dan Rugi Membeli Bisnis Franchise

Di Indonesia kini telah berkembang banyak sekali peluang usaha yang bersistem franchise, bahkan usaha franchise telah mendominasi pasar dan penggerak roda ekonomi. Bisnis franchise yang muncul pun sangat beragam, mulai dari franchise dengan modal yang kecil hingga franchise yang membutuhkan modal atau investasi besar. Sehingga tidak heran jika pebisnis franchise hampir merata di seluruh lapisan masyarakat. Namun hingga kini masih banyak masyarakat yang bingung dan bahkan rancu dan menjabarkan makna dari bisnis bersistem fanchise dan business opportunity.
Bisnis franchise adalah bisnis yang telah memiliki perjalanan bisnis yang panjang dan memberikan dukungan penuh bagi mitra dalam hal promosi, menggunakan merk dan jaringan yang dilandasi dengan perjanjian lebih kompleks, sedangkan Business Opportunity adalah bisnis yang belum memiliki banyak pengalaman, tidak adanya dukungan secara penuh kepada mitra, namun dalam sistem ini, perjanjian cenderung tidak kompleks.
Seperti halnya dalam bisnis-bisnis lainnya, dalam menjalankan bisnis fanchise Anda pun akan dihadapkan dengan berbagai resiko keuntungan dan kerugian. Berikut adalah keuntungan dari bisnis franchise:
1. Learning Curve yang singkat.
2. Mengunakan jaringan nama yang sudah terkenal.
3. Mendapatkan bantuan dalam memulai usaha.
4. Jaminan supplai dan dukungan usaha lain.
5. Kekuatan dalam kegiatan promosi yang efisiensi.
Selain kelebihan-kelebihan tersebut, bisnis franchise juga memiliki kekurangan yang penting untuk Anda ketahui. Dan berikut ini adalah beberapa kekurangan dari bisnis bersistem franchise:
1. Meski Anda telah membeli sebuah franchise, namun kebijakan utama tetap ada pada franchisor. Sehingga ketika Anda memiliki ide untuk berinovasi dan mengembangkan bisnis tersebut, akan lebih sulit untuk merealisasikan. Dalam kata lain, Anda akan menjadi lebih sulit untuk berkembang dan berinovasi dalam menjalankan bisnis franchise.
2. Untuk sistem yang baku, dibutuhkan proses birokrasi agar dikemudian hari tidak terjadi peselisihan serta lebih mudah untuk menambah atau mengembangkan dagangan Anda.
Bagaimanapun juga, peran Anda sebagai pelaku utama berbisnis adalah sangat penting dan yang menentukan apakah bisnis yang dijalankan dapat sukses atau tidak.

sumber : info waralaba indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>