Bisnis Franchise – Perencanaan Bisnis Franchise

Seperti halnya bisnis-bisnis pada umumnya, bisnis franchise juga membutuhkan perencanaan-perencanaan khusus agar sistem yang dibangun menjadi semakin kuat dan dapat bertahan atau bahkan memenangkan kompetisi persaingan antar masing-masing franchise maupun jenis usaha lainnya.
Dalam perencanaan bisnis franchise sangat berbeda jika dibandingkan dengan perencanaan bisnis non franchise. Ini karena dalam bisnis franchise pihak yang terkait tidak saja pemilik bisnis franchise atau franchisor saja, tetapi juga franchisee atau pihak yang menerima franchise.
Misalnya saja ada seorang pengusaha yang sukses dengan bisnisnya kemudian ia menginginkan bisnis tersebut untuk berkembang dan membuka cabang di kota lain dengan sistem franchise, maka akan ada banyak syarat dan kriteria yang harus dipenuhi dan inilah yang disebut dengan perencanaan franchise.
Memfranchisekan sebuah bisnis tidak seharusnya hanya lantaran bisnis tersebut banyak diminati dan banyak pihak yang ingin bermitra serta menjalankan bisnisnya dengan sistem franchise saja. Karena jika tidak ada perencanaan khusus dan memfranchisekan bisnis hanya didasari “kondisi” tentu saja akan banyak masalah yang harus Anda dan franchisee hadapi di kemudian hari. Karena setelah berjalan ternyata situasinya berbeda, sebab pada kenyataannya ada tuntutan lain ditempat franchisee.
Permasalahan-permasalahan yang timbul akibat tidak ada perencaan franchise ini kemudian membawa masalah yang lebih serius, mulai dari hubungan yang kruang harmonis antara franchisor dan franchisee akibat dari tidak adanya sistem manajemen atau standarisasi yang ditetapkan atau mungkin juga akan berdampak gagalnya bisnis franchise yang dibangun. Harus diketahu,i, dalam bisnis franchise fokus franchisor maupun franchisee bukan hanya pada bagaimana produk yang dijual laku keras di pasaran saja, tetapi juga adanya sistem yang terintegrasi sehingga jaringan yang dibentuk lebih kuat dan dapat menjawab setiap permasalahan yang ada. Kondisi demikianlah yang pada akhirnya akan membawa sebuah bisnis franchise menuju sukses dan mampu bertahan lama. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan calon franchisor? Jika Anda adalah seorang calon franchisor, segeralah konsultasikan rencana Anda dengan seorang konsultan yang sudah berpengalaman bisnis franchise.

sumber : info waralaba indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>