Bisnis Franchise Indonesia – Kesalahan Menjalankan Standard Operating Procedure Franchise

Bisnis franchise di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Jika dulu Anda hanya dapat menjumpai beberapa jenis franchise yang mendominasi pasar, saat ini Anda akan dibuat bingung atau mungkin kagum dengan kehadiran franchise-franchise baru yang semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk atau jasa mereka. Ini dapat dengan mudah Anda temui ketika Anda mengunjungi sebuah pameran franchise yang sering diselenggarakan oleh event organizer di kota-kota besar.
Mungkin beberapa waktu yang lalu Anda menjumpai sebuah franchise besar di Indonesia yang sangat difavoritkan atau bahkan telah meraih banyak penghargaan sebagai franchise the best, namun gaungnya tidak lagi terdengar saat ini, bahkan keberadaannya pun sudah mulai sulit untuk ditemukan. Mungkin juga Anda menjumpai sebuah franchise besar dan ternama yang tampak dari luar ia adalah franchise yang matang dan mapan dengan prospek menjanjikan namun ternyata tidak diikuti dengan kondisi di dalamnya. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh beberapa faktor internal, baik franchisor maupun franchisee. Namun pengaruh terbesarnya adalah didapat dari tidak dijalankan Standart Operating Procedur dengan baik dan benar.
SOP adalah jiwa kehidupan bagi bisnis franchise yang Anda jalankan. Sebab dalam bisnis franchise yang dibutuhkan tidak hanya kemampuan dalam menggaet pelanggan, memutar keuangan maupun membesar nama saja, namun juga harus didukung dengan adanya standarisasi pengoperasian yang dijalankan secara sistematis. Anda bisa saja menjual banyak produk tetapi tanpa menjalankan SOP lambat laun bisnis franchise tersebut pasti akan hancur juga. Lalu untuk apa Anda memiliki banyak franchisee atau mitra frachise tanpa membenahi SOP dan penerapannya. Memang untuk membuat SOP tidaklah mudah dan banyak waktu serta uang yang harus dikeluarkan. Namun hal ini sangat sebanding dengan hasil yang didapat, yakni bisnis Anda dapat berjalan dengan stabil, mampu mempertahankan eksistensi karena manajemen dan sistem yang baik serta tepat dan yang tidak kalah penting adalah mampu memenangkan sengitnya persaingan bisnis franchise saat ini maupun di saat mendatang.

sumber : info waralaba indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>